Tugas 11 Counter : Bravo 2103015233


Rangkuman Counter

Pengertian 

Counter atau mencacah dapat diartikan sebagai menghitung, hampir semua sistem logika menerapkan pencacah. Komputer digit menerapkan pencacah guna mengemudikan urutan dan pelaksanaan langkah –  langkah  dalam program.  Fungsi  dasar  pencacah  adalah  untuk “mengingat”   berapa   banyak pulsa detak yang telah dimasukkan kepada masukkan; sehingga pengertian paling dasar pencacah adalah sistem memori.

Karakteristik Penting Counter/Pencacah

1. Sampai berapa banyak ia dapat mencacah (modulo pencacah).
2. Mencacah maju, ataukah mencacah mundur.
3. Kerjanya sinkron atau tak sinkron.

Karakteristik Penting Counter/Pencacah

Sampai berapa banyak ia dapat mencacah (modulo pencacah);
Mencacah maju, ataukah mencacah mundur;
Kerjanya sinkron atau tak sinkron;

Kegunaan Counter/Pencacah

1. Menghitung banyaknya detak pulsa dalam satu periode waktu
2. Membagi frekuensi
3. Pengurutan alamat
4. Beberapa rangkaian aritmatika.

Jenis Counter/Pencacah



#Pencacah Asinkron

- Seringkali disebut ripple counter.
- Istilah asinkron merujuk pada kejadian-kejadian yang tidak mempunyai hubungan waktu yang tetap antara FF satu dengan FF lainnya.
- Flip-flop tidak mendapatkan pulsa clock dari satu sumber yang sama.
- Flip-flop pertama (LSB) mendapatkan pulsa clock dari sumber clock eksternal, sedangkan flip-flop berikutnya mendapatkan pulsa clock dari output flip-flop sebelumnya.

#Pencacah Asinkron Biner 2 Bit

- Dibangun dari dua buah flip-flop JK.
- Flip-flop pertama mendapatkan pulsa clock dari sumber clock, sedangkan flip-flop kedua mendapatkan pulsa clock dari output FF pertama. fQ0=fCLK/2; fQ1=fQ0/2.
- Diagram logika pencacah asinkron biner 2-bit.



#Pencacah Asinkron biner 3 bit

- Dibangun dari 3 buah flip-flop JK.
- Flip-flop pertama mendapatkan pulsa clock dari sumber clock, FF kedua mendapatkan pulsa clock dari output FF pertama dan FF ketiga mendapatkan pulsa clock dari output FF kedua.
- fQ0=fCLK/2; fQ1=fQ0/2; fQ2=fQ1/2



#Pencacah Sinkron

1. Istilah sinkron merujuk pada kejadian yang mempunyai hubungan waktu pasti antar flip-flop yang dengan lainnya.
2. Dalam pencacah, istilah sinkron berarti bahwa setiap FF mendapatkan pulsa clock dari satu sumber clock yang sama.









- Penghitung Presettable

Dapat diatur ke hitungan yang diinginkan. Mengoperasikan:
1. Terapkan hitungan yang diinginkan ke input data paralel P2, P1, P0.
2. Terapkan pulsa rendah ke PL input beban paralel.


- BCD Counter

Penghitung biner yang menghitung dari 0000 hingga 1001 sebelum didaur ulang (MOD-10).

- Johnson Counter

Register geser di mana output terbalik dari FF terakhir diumpankan kembali ke input FF pertama.



- Ring Counter
Geser penghitung register dengan umpan balik dari Q dari FF terakhir kembali ke input FF pertama




#Tipe Counter
Asynchronous Counter (alias Ripple atau Serial Counter): setiap FF dipicu satu per satu dengan output dari satu FF yang berfungsi sebagai input clock dari FF berikutnya dalam rantai.
Synchronous Counter (alias Parallel Counter): semua FF di counter di-clock pada waktu yang sama.
Up Counter: penghitung menghitung dari nol hingga hitungan maksimum.
Down Counter: penghitung mundur dari hitungan maksimum hingga nol.
Penghitung BCD: penghitung menghitung dari 0000 hingga 1001 sebelum didaur ulang.
Ring Counter: register geser di mana output FF terakhir dihubungkan kembali ke input FF pertama.
Penghitung yang dapat disetel sebelumnya: penghitung yang dapat disetel ke hitungan awal apa pun baik secara sinkron maupun asinkron
Johnson Counter: register geser di mana output terbalik dari FF terakhir terhubung ke input FF pertama.

SOAL-SOAL
 

1.Apabila dirancang sebuadh decoder dengan masukan 5 maka jumlah keluarannya adalah

A.2

B.4

C.8

D.16

E.32

 

2.Apabila dirancang sebuah MUX4 maka jumlah selektornya adalah

A.2

B.4

C.8

D.16

E.32

 

3.RS flip flop dapat dibuat dari kombinasi gerbang

A.And dan Or

B.Not dan And

C.Nand dan Nor

D.Nnad dan Or

E.And dan Nand

 

4.Perbedaan Rs flip flop dan D flip flop terdapat tambahan gerbang

A.Not pada D flip flop

B.Not pada rs flip flop

C.Nnad pada D flip flop

D.Nnad  pada d flip flop

E.And pada D flip flop

 

5.Perbedaan RS flip flop dibandingkan dJK flip flop terletak pada

A.kondisi memori

B.bentuk keluarannya

C.kondisi terlarang

D.kondisi toggle

E.kondisi tak berubah

 

6.kondisi toggle dari jk ff adalah

A.bentuk keluaran selalu tetap

B.bentuk keluaran selalu berubah

C.bentuk keluaran yang sama

D.bentuk keluaran yang berbeda

E.entuk keluaran yang salah

 

7.kondisi memori dari flipflop adlah

A.bentuk keluaran selalu tetap

B.bentuk keluaran selalu berubah

C.bentuk keluaran yang sama

D.bentuk keluaran yang berbeda

E.bentukkeluaran yang salah

 

8.Kondisi terlarang flip flop adalah

A.bentuk keluaran selalu tetap

B.bentuk keluaran selalu berubah

C.bentuk keluaran yang sama

D.bentuk keluaran yang berbeda

E.bentuk keluaran yang salah

 

9.Fungsi dari clock pada CRS ff adalah

A.mengaktifkan bentuk keluaran

B.menolkan bentuk keluaran

C.menonaktifakn bentuk keluaran

D.mengaktifkan keluaran toggle

E.sama dengan masukan r dan s

 

10.Untuk mengatasi keadaan terlarang pada flip flop rs makan dapat menggunakan flip flop

A.jk ff

B.d ff

C.t ff

D.crs ff

E.semua jawaban salah

 


Comments

Popular posts from this blog

Tugas URL 10 "Bravo Marvel & 2103015233"

Tugas 2 [Bravo] : Pengantar Teknologi Informasi 1C21

Tugas 1 [Bravo] : Pengantar Teknologi Informasi 1C21